Tersenyum Mampu Kurangi Intensitas Stres Tubuh

Satu hasil studi menunjukkan tersenyum memiliki manfaat nyata yang berkaitan dengan kesehatan. Menurut penelitian, senyum dapat menjadi obat mujarab untuk mengurangi ketegangan atas masalah yang dihadapi dalam hidup.

Ilmuan psikologis Tara Kraft dan Sarah Pressman dari Universitas Kansas, mempelajari potensi manfaat dari tersenyum. Upaya tersebut untuk menemukan manfaat senyum bagi pemulihan stres yang dihadapi manusia.

Untuk analisis tersebut para peneliti berfokus pada dua jenis senyum utama. Yakni senyum standar yang hanya menggerakan otot mulut, dan senyum tulus yang menggerakan otot mulut dan mata.

Selama fase penelitian, para peserta dilatih menciptakan ekspresi wajah yang berbeda. Para relawan diminta untuk memegang sumpit di mulut sedemikian rupa hingga otot wajah mereka menciptakan berbagai jenis senyuman.

Setelah itu, mereka diberi berbagai kegiatan yang dirancang untuk ‘menekan’ mereka. Selama itu, para peneliti mengamati reaksi fisik dan mengukur detak jantung untuk mengetahui tingkat stres.

Hasil membuktikan, tersenyum selama kegiatan membuat stres lebih singkat. Tak hanya itu, senyum juga mengurangi intensitas respon stres tubuh. Terlepas dari apakah seseorang benar-benar merasa bahagia atau tidak.

Republika.co.id

2 Responses to Tersenyum Mampu Kurangi Intensitas Stres Tubuh

  1. Silvy

    Thanks infonya, asal jangan senyum-senyum sendiri aja ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>